Taman Negara Tanjung Piai Johor

Tanjung Piai merupakan kawasan alami yang dilindungi di mana daratan, laut, tumbuhan dan hewan berdiam dalam harmoni, tanpa gangguan manusia. Taman ini menjadi tempat kediaman berbagai jenis spesies unggas dan lokasi hidup hewan bakau air paya seperti ketam nipah, ikan tembakul serta kera pemakan ketam atau kerang.

Tanjung piai Terletak 90 km ke selatan pusat kota Johor Baru, Tanjung Piai juga merupakan Taman Negara yang mengijinkan para pengunjungnya mengamati kehidupan liar di hutan bakau paya dalam habitat aslinya.

Tiket masuknya adalah 3.00 RM bagi warga Malaysia dan 5.00 RM bagi pelancong asing. Bayaran masuk bisa dibayar di kompleks pengunjung Tanjung Piai.

Jalanan yang unik dibangun melalui hutan paya bakau ini agar pengunjung bisa menikmati pemandangan paya bakau dengan seksama. Taman yang penuh ketenangan ini juga telah menjadi salah satu tujuan perkemahan yang populer sejak beberapa tahun yang lalu.

TIPS

Taman ini terletak di ujung benua Asia yang paling selatan.

TRANSPORTASI

Tanjung Piai terletak kira-kira 75 km dari Johor Baru. Pada saat ini belum tersedia bus umum ekspress untuk ke Taman Negara Tanjung Piai. Taksi bisa didapat dari stasiun bus Pontian di pusat kota untuk sampai ke Sungai Belukang yaitu pintu masuk ke Tanjung Piai. Pastikan anda menempuh perjalanan kembali ke pusat kota dari Tanjung Piai dengan supir taksi tersebut.

Dengan kendaraan pribadi, dari Kuala Lumpur, masuk ke Lebuhraya Utara-Selatan (NSE) menuju selatan ke Machap. Ambil jalan keluar Simpang Renggam (Persimpangan 247) ke Lebuhraya yang mengarah ke Tanjung Piai melalui Benut – Pontian – Kukup (Lebuhraya 96, Lebuhraya 5, Lebuhraya 95). Sampai di Kukup, ikut arahan papan tanda yang menunjukkan jalan ke Tanjung Piai.


PENGINAPAN

Taman ini telah mejadi sebuah tujuan perkemahan yang populer sejak beberapa tahun lalu. Tetapi, jika anda tidak suka berkemah, anda boleh mengunjungi Tanjung Piai tanpa perlu bermalam di sini. Anda boleh memilih untuk bermalam di salah satu hotel atau tempat penginapan lain di bandar Johor Baru.

Bagi anda yang ingin menginap di Johor Baru, ada banyak pilihan hotel yang bisa anda dapatkan. Silahkan lihat daftar hotel di Johor Baru




Tidak ada komentar:

Warta Loka | Seribu Satu Catatan Dalam Dunia Penuh Warna
© All Rights Reserved | Best View With Mozilla Firefox