Makam Keramat Syeikh Yusuf

Di jorong Tanjung Lilin Nagari Tahe Baruah kecamatan Payakumbuh Utara,sekitar delapan kilometer arah utara kota Payakumbuh ada sebuah makam yang di keramatkan oleh orang.Menurut orang-orang sekitar ada versi siapa yang berkubur di makam ini.

Versi pertama,yang berkubur dimakam tesebut adalah makam dari Syech Yusuf,seorang ulama yang mengembangkan syi'ar islam dari aceh sampai ke malaysia.Syech Yusuf ini dikenal memiliki ilmu kebathinan dan kesaktian yang tinggi.

Syech Yusuf mempunyai tiga orang istri,salah satunya tinggal di Negeri Sembilan Malaysia,beliau juga mempunyai anak dan cucu disana.Konon kabarnya syech Yusuf dapat mengetahui keadaan anak dan cucunya di negeri sembilan malaysia walau syech Yusuf tetap berada di Tahe.

Versi Kedua,yang berkubur di makam sungai lilin ini adalah Syech Abdurrahman,seorang ulama yang ikut berjasa mengembangkan agama islam di daerah ini,semasa zaman Paderi.

Syech Abdurrahman adalah pengikut Tuanku Imam Bonjol,Syech Abdurraman terkenal memiliki kesaktian dan ilmu beladiri serta keberanian yang tinggi.

Beliau mengembangkan islam bukan hanya disini saja tetapi juga sampai ke daerah Kelang di Malaysia.Beliau diperkirakan meninggal pada tahun 1836.

Kekeramatan kuburan ini terlihat setelah beliau dikuburkan.Banyak penduduk sekitar yang melihat cahaya yang menyerupai api lilin diatas kuburan ini.Sehingga masyarakat takut untuk mendekat karena dianggap angker dan keramat. Suasana sekitar Makam ini tenang dan sunyi walau berada di dekat pemukiman penduduk.



Tidak ada komentar:

Warta Loka | Seribu Satu Catatan Dalam Dunia Penuh Warna
© All Rights Reserved | Best View With Mozilla Firefox