Kemenyan Getah Magis

Kemeyan adalah salah satu pohon yang tumbuh di hutan belantara dan sering kita jumpai di hutan-hutan di daerah pegununggan, kebun karet, dan hutan tua. Pohon ini tumbuhnya bisa di sembarang tempat.pertumbuhan pohon kemenyan ini dari biji yang jatuh atau yang di makan oleh binatang seperti tupai.dengan mudahnya tumbuh maka pohon kemeyan ini tidak ada orang yang mau memgembangkannya,sehingga sampai sekarang pohon kemenyan ini sudah hampir punah.banyak di tebang oleh warga yang membikin ladang dan jarang orang tahu banyak tentang manfaat pohon ini.menurut saya pribadi pohon kemenyan ini perlu kita kembangbiakan dan ada orang yang mau membuat perkebunaan kemenyan.pohon kemenyan ini bisa menjadi sumber ekonomi masyarakat, karena pohon ini bisa di gunakan untuk bahan bangunan, getahnya bisa di jual ketoko-toko. 

Pohon kemeyan ini hanya digunakan orang-orang kampungku untuk kayu bakar,dan bahan bangunan seperti bikin papan, pohon kemeyan ada dua jenis ada yang berwarna merah dan kuning muda.pohon yang berwarna merah ini ukurannya besar dan sering orang ambil untuk bikin kayu bangunan,sedangkan yang kuning di ambil getahnya untuk ritual-ritual para dukun (paranormal) di daerah saya, pohon kemenyan ini hampir punah karena tempat tumbuhnya sudah banyak di gunakan masyarakat untuk berladang, dan berkebun.

Cara: Mendapatkan getah kemenyan yang bagus adalah pohonnya harus sudah tua untuk membuat getah kemenyan pada hari jumat dan sedikit ritual dengan baca-bacaan sambil melukai pohon tersebut agar getahnya keluar banyak.setelah getah kemenyan keluar harus di malamkan beberapa hari biar getahnya beku agar hasilnya bagus paling lama tiga atau sampai satu minggu harus sudah membatu,agar proses pengambilan getahnya tidak sulit.

Kegunaan Getah kemenyan untuk yang baik,digunakan paranormal tapi untuk bikin dupa, stanggi agar aroma wangginya bisa mengundang roh-roh halus yang di panggil untuk mengobati orang yang sakit terkena ilmu hitam atau santet dan juga salah cara praktis untuk mengusir nyamuk.

Kemenyan yang biasa digunakan untuk urusan magis ternyata berdasarkan hasil penelitian mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Penelitian yang dilakukan oleh King Abd Al-Aziz University di Arab Saudi menemukan bahwa kemenyan bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Kemenyan, menurut peneliti Nadia Saleh Al-Amoudi, bisa dipadukan dengan materi dari tumbuhan lainnya untuk meningkatkan kesehatan jantung. Akan tetapi, masih belum ditemukan cara yang jelas agar manusia bisa mengonsumsinya.

“Kemenyan telah lama digunakan sebagai pengobatan medis untuk mengatasi sakit tenggorokan, hidung mampat, bekas luka dan luka bakar,” jelas Al-Amoudi.

Studi yang dipublikasikan di International Journal of Food Safety, Nutrition and Public Health ini, peneliti memberikan kemenyan kepada binatang pengerat albino dan menemukan bahwa kadar kolesterol jahat binatang pengerat itu turun sedang kadar kolesterol baik meningkat.

Tidak ada komentar:

Warta Loka | Seribu Satu Catatan Dalam Dunia Penuh Warna
© All Rights Reserved | Best View With Mozilla Firefox