Dabuih atau debus Piaman

Kesenian Debus (Atraksi kekebalan tubuh dari senjata tajam) tidak hanya eksis di Provinsi Banten. Debus juga eksis di Padangpariaman, Provinsi Sumatera Barat. Kesenian Debus di daerah ini biasa dikenal dengan nama Dabuih Piaman.

Menurut sejarah, Dabuih merupakan warisan dari para pengikut Nabi Ibrahim AS. Dabuih merupakan permainan/atraksi religius yang digunakan para pengikut ajaran agama Islam tertentu dalam rangka menjalankan misi syi'ar ajaran di tengah-tengah masyarakat.

Kesenian yang mengandalkan kekebalan tubuh ini dibawa ke nusantara oleh paa ulama dari kawasan Asia Barat. Kesenian Dabuih berkembang seiring penyebaran agama Islam di pesisir barat pulau Sumatera dan Jawa. Kesenian Dabuih masuk melalui Aceh, Minangkabau (Sumatera Barat) dan Banten, Jawa Barat.

Dalam bahasa Arab, Dabuih (Debus) berarti senjata tajam yang terbuat dari besi, berujung runcing dan berbentuk sedikit bundar. Dabuih inilah yang dipakai para pemain Debus untuk melukai badan saat atraksi. Dabuih yang dipakai, biasanya tak bisa menembus badan pemain walaupun Debus itu dipukulkan ke badan berkali-kali.

Aneka atraksi menonjolkan kekebalan badan terdapat dalam pertunjukan kesenian Dabuih. Antara lain, menusuk perut dengan benda tajam atau tombak, mengiris tubuh dengan golok tanpa luka, tidur dan makan bara api, memasukkan jarum yang panjang ke lidah, kulit, pipi sampai tembus dan tak terluka. Hingga melilitkan rantai besi panas serta atraksi ektrem lainnya.



Warta Loka | Seribu Satu Catatan Dalam Dunia Penuh Warna
© All Rights Reserved | Best View With Mozilla Firefox