Alexa Dan Perkembangannya

Alexa Internet, Inc adalah perusahan yang berbasis di California, yang merupakan anak perusahaan dari Amazon.com. Alexa ini dikenal dengan toolbar dan websitenya. Setelah toolbar alexa diinstal, toolbar ini akan mengumpulkan data tentang kegiatan browsing yang ditransmisikan ke situs web yang dimana akan disimpan dan dianalisis dan toolbar alexa merupakan dasar untuk menentukan jumlah traffict pengunjung sebuah web. Lokasi perusahaan Alexa ini berada di Gedung 37 ‘Presidio San Francisco’, California.

Sejarah Alexa

Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat dan mereka menyatakan tool Alexa itu dapat meningkatkan pencarian internet dengan melacak pengguna dan menggunakan data tersebut untuk membantu pencarian kedepan.

Nama perusahaan ini dipilih sebagai penghormatan kepada Perpustakaan Alexandria, yang menarik persamaan antara ilmu pengetahuan terbesar di dunia kuno dengan potensi internet. Selain itu, ALEXA awalnya singkatan dari Address Lookup Ahli Authority.

Perusahaan Alexa menawarkan toolbar yang memberi saran pencarian kepada pengguna internet kemana harus dituju berikutnya, berdasarkan pada pola lalu lintas dari komunitas pengguna. Alexa juga menawarkan rincian dari setiap situs yang dikunjungi, yaitu: to whom it was registered, how many pages it had, how many other sites pointed to it, and how frequently it was updated.

Akurasi peringkat oleh Alexa Toolbar

Alexa peringkat situs berdasarkan informasi pelacakan pengguna yang Alexa Toolbar untuk Internet Explorer dan dari sidebars terpadu di Firefox dan Chrome.Selain itu, peringkat ini didasarkan pada data tiga bulan dan memakan waktu lama untuk mencerminkan perubahan dalam konten yang mungkin terjadi setelah domain tersebut telah dijual . Akhirnya peringkat rendah tidak dapat akurat bukan hanya karena kurangnya data tetapi juga karena hukum statistik. Hukum yang sama membuat ranking dari situs populer yang sangat akurat. Pada tanggal 16 April 2008, banyak pengguna melaporkan perubahan dramatis dalam peringkat mereka Alexa. Alexa menegaskan hal ini di kemudian hari dengan pengumuman bahwa mereka telah merilis sistem peringkat Alexa baru, mengklaim bahwa mereka sekarang mempertimbangkan sumber data akun yang lebih.

Peranan Alexa

Pentingkah kita memasang Widget Alexa ? Jika anda searching ke berbagai situs / blog di internet, anda akan menemukan hampir di setiap situs / blog memasang widget Alexa. ini berarti bahwa widget Alexa sangat penting peranannya Secara garis besar, Ranking pada Alexa didasarkan pada sebuah logika peringkat pada jumlah lalu lintas yang di terima situs atau blog kita dari pengunjung yang juga menggunakan toolbar alexa di browser atau widget alexa di situs / blog mereka.Alexa.com Namun menurut beberapa pemilik situs / para blogger, perhitungan tersebut agregatnya dibuat per-tiga bulan. Seberapa penting peranan Alexa terhadap kemajuan web, kali ini saya tidak berani berbicara banyak. Namun begitu saya melihat peringkat di beberapa situs Populer yang saya kunjungi, saya melihat Ranking Alexa mereka tinggi. Jadi, kesimpulan sementara, widget Alexa sangat menentukan kepopuleran sebuah web. 

Cara Kerja Alexa

Alexa rank memberikan nilai berdasarkan kombinasi berapa banyak pengunjung dan jumlah page view selama 3 bulan. Situs dengan kombinasi terbaik akan menghasilkan nilai yang lebih baik pula. Sebagai contoh jelasnya lihat artikel alexa rank dari 14 juta turun hingga 6 juta.

Pada kenyataannya, banyak webmaster yang memanipulasi hasil diatas menggunakan beberapa cara yang bisa dikatakan keluar dari definisi cara alexa rank bekerja. Misalnya, menggunakan review, menggunakan tools illegal, hingga kemudahan pihak alexa memberikan nilai tambah bagi yang menggunakan service site audit.

Jadi, sampai saat ini saya tidak pernah mengetahui dengan pasti bagaimana alexa rank bekerja. Itu hanya dari pengalaman saya saja. Masih menurut versi saya, setiap webmaster memiliki trik tersendiri untuk meningkatkan alexa rank miliknya, mengingat beberapa situs komersial memebutuhkan alexa rank antara 100 ribu hingga 1 juta untuk bisa menghasilkan $$$, bagaimana dengan anda ?


Tidak ada komentar:

Warta Loka | Seribu Satu Catatan Dalam Dunia Penuh Warna
© All Rights Reserved | Best View With Mozilla Firefox