Saledri dan Blimbing Wuluh atasi Hipertensi

Perubahan pola makan menjurus ke sajian siap santap yang mengandung lemak, protein, dan garam tinggi tapi rendah serat pangan (dietary fiber), membawa konsekuensi terhadap berkembangnya penyakit degeneratif (jantung, diabetes mellitus, aneka kanker, osteoporosis, dan hipertensi.

Penyakit hipertensi sering disebut sebagai the silent disease. Umumnya penderita tidak mengetahui dirinya mengidap hipertensi sebelum memeriksakan tekanan darahnya. Penyakit ini dikenal juga sebagai heterogeneous group of disease karena dapat menyerang siapa saja dari berbagai kelompok umur dan kelompok sosial-ekonomi.

Penyakit hipertensi atau darah tinggi merupakan suatu keadaan, di mana tekanan darah seseorang berada pada tingkat di atas normal. Tekanan darah sistolik normal adalah 120-140 mm Hg. Sementara tekanan darah diastolik normal adalah 85-90 mm Hg. Penyakit darah tinggi bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang berhubungan dengan gaya hidup, seperti diet yang buruk, merokok, kurang olahraga dan stres.

Pengobatan hipertensi dapat dilakukan secara farmakologis dan non-farmakologis. Selain mengonsumsi obat-obatan dan berolahraga, menjaga pola makan merupakan hal yang mutlak diperlukan. Pengaturan pola makan meliputi pengurangan asupan kalori, terutama bagi penderita yang mengalami kegemukan, membatasi asupan garam, serta memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Selain pengaturan tersebut, berikut ini ada tips segar nan menyehatkan untuk mengontrol tensi darah anda :
• Minum Cellery Capsule
Terbuat dari daun seledri yang dikeringkan dan berbentuk kapsul. Seledri dikenal sangat baik efek hipotensifnya (menurunkan tekanan darah). Kandungan pthalidesnya baik untuk membantu melemaskan otot-otot sekitar pembuluh darah arteri dan membantu menormalkan penyempitan pembuluh darah arteri. Hal ini merupakan penyebab utama hipertensi. Minum 2 kapsul per hari setelah makan. Diminum dengan 2 gelas air per kapsul.

• Minum Bilimbi Green Tea
Terbuat dari 100 % daun kering belimbing wuluh. Tanaman ini diteliti mampu mengatasi beberapa keluhan. Diantaranya menurunkan tekanan darah, mengendalikan diabetes, mengobati reumatik, menurunkan kolesterol darah dan lainnya. Sajikan saat pagi dan malam hari setelah makan.

• Minum jus Belimbing Wuluh – Seledri, berikut resepnya :
Bahan
- Belimbing wuluh 100 gr
- Seledri batang besar 100 gr
- Air matang ½ gelas
- Es serut ½ gelas

Cara membuat
- Blender belimbing wuluh, seledri batang besar, air dan es serut
- Hidangkan dengan es
- Biar lebih mantap, bisa ditambahkan dengan madu.


Tidak ada komentar:

Warta Loka | Seribu Satu Catatan Dalam Dunia Penuh Warna
© All Rights Reserved | Best View With Mozilla Firefox